Mewujudkan Program Puskesmas Hijau di Puskesmas II Sokaraja

Image

Sekilas Program Puskesmas Hijau

Puskesmas II Sokaraja

 

         Sokaraja, Puskesmas II Sokaraja News - Puskesmas sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayahnya melayani pelayanan kesehatan dasar paripurna menuju masyarakat sehat mandiri. Pelayanan Puskesmas dilakukan melalui Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan didukung dengan Administrasi dan Manajemen Puskesmas.

         Pada pelayanan UKP yang diselenggarakan di dalam gedung atau lingkungan Puskesmas diprlukan lingkungan yang bersih, asri, indah, segar dan suasana yang nyaman agar Pelanggan Puskesmas ketika berada di Puskesmas tidak hanya mendapatkan pelayanan kesehatan tetapi juga memperoleh udara yang segar, pemandangan yang asri, suasana yang sejuk. Harapan kami dengan lingkungan Puskesmas yang sehat, Pelanggan akan senang dan krasan ketika melakukan pengobatan atau pelayanan lain yang dibutuhkan. Hal ini kami rasapenting karena sebagian Pelanggan memang harus rutin datang ke Puskesmas dalam proses penyembuhan maupun pemantauan kesehatannya.Di samping itu lingkungan Puskesmas yang sehat bisa menjadi contoh bagi masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas untuk menciptakan lingkungan sehat disekitar rumahnya.

       Untuk membentuk lingkungan sehat tersebut, Puskesmas II Sokaraja membuat "Program Puskesmas Hijau". Tujuannya adalah menciptakan suasana yang asri, indah, sejuk dan segar dengan menanam, menata, memelihara tumbuh-tumbuhan di lingkungan maupun di dalam ruangan Puskesmas. Pengelolaan Program ini dikomandani oleh Diana Sri Wiluyanto, SKM dengan beberapa personal Puskesmas yang lain yang mempunyai tugas: Kesekretariatan; Pengelolaan Taman; Urusan Inventaris Tanaman; Urusan Persemaian dan Urusan Pemeliharaan. Setelah taman atau tanaman tertata, amak direnanakan pengelolaan dilakukan oleh unit-unit yang ada di Puskesmas.

         Keberhasilan program terletak pada komitmen karyawan, oleh karena itu partisipasi aktif setiap karyawan dalam mengelola program Puskesmas Hijau ini sangat diperlukan. Kegiatan awal program diantaranya adalah dengan mewajibkan karyawan untuk menghibahkan tanaman/ bunga di rumah kepada Puskesmas. Hasil program akan mulai terlihat mulai 6 bulan kedepan. Adapun penggunaan anggaran secara efisien dan efektif menggunakan dana pemeliharaan BLUD Puskesmas.

Pembuatan Taman   Kerja bakti

 

 

 

 

                                                                                                                                        Penulis :  Wahyanto, SKM, M.Kes

                                                                                                                                        Editor   : Raafika Dewi Prihandini

.

Komentar