Verifikasi ODF Tingkat Kabupaten Banyumas - Desa Jompo Kulon dan Sokaraja Lor Diajukan Sebagai Desa ODF

Image

Verifikasi ODF Tingkat Kabupaten Banyumas

Desa Jompo Kulon dan Sokaraja Lor Diajukan Sebagai Desa ODF

Sokaraja, Puskesmas II Sokaraja News – ODF (Open Defecation Free) mungkin masih menjadi istilah baru ditelinga masyarakat, ODF adalah keadaan dimana sudah tidak ada masyarakat yang buang air besar ditempat terbuka atau sembarang tempat seperti sungai, kebun, semak-semak dan lainya. ODF merupakan salah satu goal dari pilar STBM (Sanitasi  Total Bebasis Masyarakat) yang pertama yakni  STOP Buang Air Besar Sembarangan.

Kemarin (19/10/2017) Desa Jompo Kulon dan Sokaraja Lor kecamatan Sokaraja di verifikasi oleh Tim dari Kabuputen Banyumas untuk menjadi Desa ODF. Verifikasi ODF  Tingkat Kabupaten merupakan verifikasi kedua setelah sebelumnya di verifikasi Tingkat Kecamatan. Syarat Desa ODF adalah cakupan KK akses jamban sehat minimal 85%. Cakupan KK akses jamban sehat Desa Jompo Kulon yakni 97% , sedangkan Desa Sokaraja Lor yakni 87%.

Hasil verifikasi masih belum diputuskan, Masyarakat serta pihak terkait tentunya sangat mengharapkan Desa Jompo Kulon dan Sokaraja Lor bisa menyusul Desa Kedondong kecamatan Sokaraja yang sudah lebih dulu mendapatkan sertifikat sebagai Desa ODF pada tahun 2016.

      

 

Penulis :           Laeli Nur Hidayah

Editor    : Raafika Dewi Prihandini

 

.

Komentar