Merokok di Kalangan Remaja - Sosialisasi Upaya Berhenti Merokok (UBM)

Image

 

Sokaraja, Puskesmas Sokaraja II News – (26/04/2019) Merokok sudah tidak menjadi hal yang tabu lagi di kalangan remaja. Bahkan hampir semua remaja laki-laki yang duduk di bangku SMP/MTs pernah mencoba menghisap rokok. Oleh karena itu kami Tim dari Puskesmas Sokaraja II mulai melaksanakan sosialisasi terkait upaya berhenti merokok kepada pelajar yang duduk di bangku SMP/MTs dan SMA/MA.

Salah satu hal yang menarik terjadi ketika sosialisasi UBM ini dilaksanakan. Seluruh siswa yang sedang antusias untuk mengikuti acara ini diberikan survey cepat melalui pertanyaan yang dilemparkan ketika sosialisasi berlangsung, dan sebagian besar siswa mengacungkan jarinya yang artinya mereka pernah mencoba menghisap rokok. Mereka masih mengira bahwa merokok adalah suatu hal yang keren. Hal inilah yang menjadi suatu hal yang memprihatinkan bagi remaja yang kami yakin tidak hanya terjadi di wilayah kerja Puskesmas Sokaraja II.

Kemudian setelah disampaikan penjelasan tentang bahaya merokok, di akhir acara ada beberapa anak yang benar-benar tertarik dan bertanya terkait kiat-kiat berhenti merokok yang berarti kesadaran mereka mengenai bahaya merokok mulai tergugah.

 

 

 

Penulis  :  Diah Suratri Wulandari

Editor    : Raafika Dewi Prihandini

.

 

.

Komentar