Duta Sanitasi Sekolah SD N Kedondong Maju ke Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Image

 

 

Sokaraja, Puskesmas II Sokaraja News – Duta Sanitasi Sekolah Kabupaten Banyumas Putri Pramestika Azahra  siswi SD N Kedondong  Kecamatan Sokaraja maju ke tingkat Provinsi. Jumat (29/09/2017) Tim verifikasi Duta Sanitasi Sekolah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah datang ke SD N Kedondong untuk melakukan verifikasi data Duta Sanitasi Sekolah yang sebelumnya sudah dikirimkan.

Sebelum akhirnya lolos ke tingkat Provinsi, Putri Pramestika Azahra atau yang biasa di panggil Zahra telah melalui beberapa seleksi diantaranya seleksi tingkat Puskesmas II Sokaraja dan seleksi tingkat kabupaten.

Pemilihan Duta Sanitasi dilakukan sebagai apresiasi dan promosi atas upaya peserta didik sekolah dasar dalam perubahan perilaku hidup bersih dan sehat yang fokus pada program 5 pilar STBM (Sanitasi Totatl Berbasis Masyarakat). 5 Pilar STBM anatara lain, STOP Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir, Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

Duta Sanitasi Sekolah dipilih berdasarkan pengetahuan dan wawasan siswa tentang STBM, prestasi belajar yang baik, kemampuan siswa dalam menyampaikan informasi ke orang lain dan kondisi lingkungan sekolah.

Tujuan Pemilihan Duta Sanitasi Sekolah adalah sebagai pemicu bagi pemerintah untuk dapat melaksanakan program STBM dan lebih mempromosikan program tersebut khususnya anak sekolah dan sebagai bentuk pembinaan kader kesehatan sekolah dalam upaya peningkatan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sampai saat ini belum ada pengumuman dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah terkait hasil verifikasi. Dengan terpilihnya Putri Pramestika Azahra  sebagai Duta Sanitasi Sekolah Kabupaten Banyumas ke tingkat Provinsi diharapkan Putri Pramestika Azahra bisa lolos sampai ke tingkat Nasional dan menjadi “Agen of Change” yang dapat menginspirasi anak-anak lainnya untuk melakukan hal yang serupa.

                                                                                                                                                                                  Penulis :           Laeli Nur Hidayah

                                                                                                                                                                                  Editor    : Raafika Dewi Prihandini

.

Komentar